WELCOME

SELAMAT DATANG DI BLOG PRIBADI MOECHTAR EL-NAOEMI, SILAHKAN ANDA MEMBACA-BACA ARTIKEL YANG ANDA SUKA, TAPI JANGAN LUPA TINGGALKAN JEJAK ANDA/COMENT POSITIF YANG UNTUK KAMI SANGAT BERARTI . . . . THANKS YOUR VISITED SELAMAT MEMBACA ! ! ! !
English Arabic French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Chinese Simplified

Kamis, 12 Mei 2011

BAB SIWAK (Brushing Teeth)

1. MEKANISME BERSIWAK YANG PALING UTAMA

Segala sesuatu untuk mendapatkan hasil yang maksimal, pasti ada trik-triknya tersendiri. Begitu juga dalam bersiwak, tak luput dari tatacara. Bagaimana cara menggunakan siwâk yang lebih utama?

Jawab: Siwâk dipegang dengan tangan kanan, kemudian diletakkan di atas ibu jari dan jari kelingking. Sedangkan untuk tiga jari yang lain berada di atas siwak. Bersiwâk dimulai dari arah kanan mulut. Selanjutnya menggunakan siwâk dengan pelan-pelan pada bagian gigi, baik gigi sisi yang atas maupun bawah dan juga gigi bagian luar dan dalam. Setelah itu, kemudian siwâk diarahkan ke mulut bagian kiri. Setelah selesai bersiwâk, siwak diletakkan (diselipkan) di atas telinga kiri.

Referensi:

& الشيخ إبرهيم البيجوري الجزء 1 صحـ : 44 - 45 مكتبة دار الكتب العلمية

وَأَنْ يَسْتَاكَ بِيَمِيْنِهِ وَيَبْدَأَ بِالْجَانِبِ اْلأَيْمَنِ مِنْ فَمِّهِ وَأَنْ يُمِرَّهَ عَلَى سَقْفِ حَلْقِهِ إِمْرَارًا لَطِيْفًا وَعَلَى كَرَاسِيِّ أَضْرَاسِهِ (قَوْلُهُ وَأَنْ يَّسْتَاكَ بَيَمِيْنِهِ) أَيْ ِلأَنَّهَا لِلتَّكْرِمَةِ وَلَيْسَتْ مُبَاشِرَةً لِلْقَذَرِ وَبِهَذَا فَارَقَ اِلاسْتِنْجَاءَ وَنَحْوَهُ وَيُسَنُّ أَنْ يَّجْعَلَ الْخِنْصِرَ مِنْ أَسْفَلِهِ وَالْبِنْصِرَ وَالْوُسْطَى وَالسَّبَابَةَ فَوْقَهُ وَاْلإِبْهَامَ أَسْفَلَ رَأْسِهِ ثُمَّ يَضَعَهُ بَعْدَ أَن يَّسْتَاكَ خَلْفَ أُذُنِهِ الْيُسْرَى لِخَبَرٍ فِيْهِ وَاقْتِدَاءٍ بِالصَّحَابَةِ - إلي أن قال - (قَوْلُهُ وَيْبَدَأَ بِالْجَانِبِ اْلأَيْمَنِ مِنْ فَمِهِ) أَىْ إِلَى نِصْفِهِ وَيُثَنِّيَ بَالْجِانِبِ اْلأَيْسَرِ ِإِلَى نِصْفِهِ أَيْضًا مِنْ دَاخِلِ اْلأَسْنَانِ وَخَارِجِهَا (قَوْلُهُ وَأَن يُّمِرَّهُ عَلَى سَقْفِ حَلْقِهِ) أَىْ بَعْدَ إِمْرَارِهِ عَلَى كَرَاسِيِّ أَضْرَاسِهِ طُوْلاً وَعَرْضًا عَلَى بَقِيَّةِ أَسْنَانِهِ عَرْضًا وَعَلَى لِسَانِهِ طُوْلاً فَالشَّارِخُ لَمْ يُرَتِّبْ وَلَمْ يُكَمِّلْ قَوْلُهُ إِمْرَارًا لَطِيْفًا أَيْ لاَ شَدِيْدًا بِحَيْثُ لاَ يَتَأَذَّى بِذَلِكَ (قَوْلُهُ وَعَلَى كَرَاسِيِّ أَضْرَاسِهِ) أَيْ طُوْلاً وَعَرْضًا وَعَلَى بَقِيَّةِ أَسْنَانِهِ عَرْضًا وَعَلَى لِسَانِهِ طُوْلاً لاَعَرْضًا فَيُكْرَهُ فِىْ طُوْلِ اْلأَسْنَانِ وَعَرْضِ اللِّسَانِ اهـ

2. CAIRAN PEMBERSIH MULUT SEBAGAI PENGGANTI SIWAK

Bicara masalah alat untuk membersihkan gigi, di zaman sekarang ini banyak sekali modelnya, seperti cairan pembersih mulut listern, sanorin atau cooling. yang sekarang menjadi trand dikalangan anak muda. Cukupkah bersiwâk dengan menggunakan cairan pembersih mulut listern, sanorin dll.?

Jawab: Belum cukup, sekalipun pembersih tersebut dapat membersihkan gigi serta menghilangkan bau mulut.

Referensi:

& نهاية المحتاج الجزء 1 صحـ : 180 مكتبة دار الفكر

( بِكُلِّ خَشِنٍ ) بِشَرْطِ أَنْ يَكُونَ طَاهِرًا فَلاَ يَكْفِي النَّجِسُ فِيمَا يَظْهَرُ لِقَوْلِهِ صلى الله عليه وسلم السِّوَاكُ مَطْهَرَةٌ لِلْفَمِ وَهَذَا مَنْجَسَةٌ لَهُ وَخَرَجَ بِمَا ذُكِرَ الْمَضْمَضَةُ بِنَحْوِ مَاءِ الْغَاسُولِ وَإِنْ أَنْقَى اْلأَسْنَانَ وَأَزَالَ الْقَلَحَ ِلأَنَّهَا لاَ تُسَمَّى سِوَاكًا بِخِلاَفِهِ بِالْغَاسُوْلِ نَفْسِهِ اهـ

3. MAKRUH BERSIWAK VS SUNAH BERSIWAK

Terdapat sebuah hadîts yang menjelaskan bahwa bersiwâk bagi orang yang berpuasa setelah tergelincirnya matahari adalah makruh. Sementara ada Hadîts lain dengan tegas menyatakan, bahwa sunah bersiwâk setiap akan melaksanakan shâlat. Tidak terkecuali shâlat Dhuhur, dan Ashar. Dari dua keterangan ini mana yang harus didahulukan?

Jawab: Lebih mendahulukan hukum makruhnya bersiwâk. Karena mencegah kerusakan, dalam hal ini menghilangkan bau, lebih diutamakan dari pada menarik pahala.

Referensi:

& حاشية الجمل الجزء 1 صحـ : 119 – 120 مكتبة دار الفكر

فَإِنْ قُلْتَ يُعَارِضُ هَذَا الْحَدِيثَ الدَّالَّ عَلَى كَرَاهَةِ اِلإِسْتِيَاكِ بَعْدَ الزَّوَالِ اْلأَحَادِيثُ الدَّالَّةُ عَلَى طَلَبِ السِّوَاكِ لِكُلِّ صَلاَةٍ الشَّامِلَةُ لِصَلاَةِ الظُّهْرِ الَّتِي بَعْدَ الزَّوَالِ فَلِمَ قُدِّمَ عَلَيْهَا أُجِيْبَ بِأَنَّهُ قُدِّمَ عَلَيْهَا ِلأَنَّ فِيْهِ دَرْءَ مَفْسَدَةٍ وَهِيَ إزَالَةُ التَّغَيُّرِ وَتِلْكَ اْلأَحَادِيثُ فِيهَا جَلْبُ مَنْفَعَةٍ وَدَرْءُ الْمَفَاسِدِ مُقَدَّمٌ عَلَى جَلْبِ الْمَصَالِحِ اهـ شَيْخُنَا ح ف اهـ

4. KEHARUSAN NIAT BERSIWAK

Segala sesuatu tergantung niatnya, begitu juga siwâk. Apakah untuk mendapatkan kesunahan siwak diharuskan niat?

Jawab: Menurut Imâm ar-Romli harus niat, kecuali ketika di tengah-tengah melaksanakan ibadah. Namun menurut Imâm Barmawi, niat hanya untuk penyempurna. Tanpa niat bersiwâk tetap dapat pahala.

Referensi:

& حاشية الجمل الجزء 1 صحـ : 117 مكتبة دار الفكر

وَتَحْصُلُ السُّنَّةُ الْكَامِلَةُ بِالنِّيَّةِ وَيَحْصُلُ أَصْلُهَا بِلاَ نِيَّةٍ مَا لَمْ يَكُنْ فِي ضِمْنِ عِبَادَةٍ اهـ بَِرْمَاوِيّ

& البيجوري الجزء 1 صحـ : 44 مكتبة دار الكتب العلمية

(قَوْلُهُ وَيُسَنُّ أَنْ يَنْوِيَ بِالسِّوَاكِ السُّنَُّةَ) بِأَن يَّقُوْلَ نَوَيْتُ سُنَّةَ اِلاسْتِيَاكِ فَلَوِ اسْتَاكَ اتَّفَاقًا مِنْ غَيْرِنِيَّةٍ لَمْ تَحْصُلِ السُّنَّةُ فَلاَ ثَوَابَ لَهُ وَمَحَلُّّ ذَلِكَ مَا لَمْ يَكُنْ فِيْ ضِمْنِ عِبَادَةٍ كَأَنْ وَقَعَ بَعْدَ نِيَّةِ الْوُضُوْءِ أَوْ بَعْدَ اْلإِحْرَامِ بِالصَّلاَةِ عَلَى مَا قَالَهُ الْعَلاَّمَةُ الرَّمْلِيُّ وَإِلاَّ فَلاَ يَحْتَاجُ لِنِيَّةٍ ِلأَنَّ نِيَّةَ مَا وَقَعَ فِيْهِ شَمِلَتْهُ اهـ

5. KRITERIA MENDAPATKAN KESUNAHAN DALAM BERSIWAK

Siwâk adalah benda kecil yang fungsinya sangat komplek dan manfaatnya pun sangat banyak. Namun yang menjadi persoalan adalah, apakah untuk mendapatkan kesunahan bersiwak diharuskan hilangnya bau mulut?

Jawab: Tidak harus, hanya saja yang lebih utama harus sampai menghilangkan bau mulut.

Referensi:

& بجيرمي على الخطيب الجزء 1 صحـ : 121 مكتبة دار الفكر

قَوْلُهُ ِلإِذْهَابِ التَّغَيُّرِ قَدْ يَقْتَضِيْ هَذَا أَنَّ السُّنَّةَ تَتَوَقَّفُ عَلَى إذْهَابِ التَّغَيُّرِ وَيُنَافِيْهِ قَوْلُ ابْنِ حَجَرٍ وَأَقَلُّهُ مَرَّةٌ إلاَ إنْ كَانَ لِتَغَيُّرٍ فَلاَ بُدَّ مِنْ إزَالَتِهِ فِيمَا يَظْهَرُ وَيَحْتَمِلُ اِلاكْتِفَاءُ بِهَا فِيهِ أَيْضًا ِلأَنَّهَا مُخَفَّفَةٌ وَيُجَابُ بِأَنَّ قَوْلَهُ ِلإِذْهَابِ بَيَانٌ لِحِكْمَةِ مَشْرُوعِيَّتِهِ فَلاَ يُنَافِي أَنَّ أَصْلَ السُّنَّةِ لاَ يَتَوَقَّفُ عَلَى ذَلِكَ وَعِبَارَةُ الْإِطْفِيحِيِّ وَأَقَلُّهُ مَرَّةٌ وَاحِدَةٌ بِالنِّسْبَةِ ِلأَصْلِ السُّنَّةِ إلاَ أَنْ يَكُونَ لِتَغَيُّرٍ بِالْفَمِ أَوْ قَلَحٍ بِاْلأَسْنَانِ فَلاَ بُدَّ مِنْ إزَالَتِهِ إنْ أَرَادَ تَمَامَ السُّنَّةِ اهـ

6. POSISI SIWAK DISUNAHKAN DALAM WUDLU

Salah satu kesunahan wudlu adalah bersiwâk, namun hal ini banyak yang belum mengetahui, terutama saat-saat disunahkannya bersiwâk dalam wudlu. Kapankah bersiwak ketika berwudlu disunahkan?

Jawab: Menurut Imâm al-Romli sebelum membasuh kedua telapak tangan. Sedangkan menurut Ibn Hajar setelah membasuh kedua telapak tangan.

Referensi:

& بجيرمي على الخطيب الجزء 1 صحـ : 121 مكتبة دار الفكر

وَقُدِّمَ عَلَى الْوُضُوءِ ِلأَنَّهُ مِنْ سُنَنِ الْوُضُوءِ الْفِعْلِيَّةِ الْخَارِجَةِ عَنْهُ عَلَى الْمُعْتَمَدِ عِنْدَ م ر فَمَحَلُّهُ قَبْلَ غَسْلِ الْكَفَّيْنِ فَيَحْتَاجُ إلَى نِيَّةٍ عَلَى الْمُعْتَمَدِ عِنْدَ م ر وَعِنْدَ ابْنِ حَجَرٍ مَحَلُّهُ بَعْدَ غَسْلِ الْكَفَّيْنِ فَلاَ يَحْتَاجُ إلَى نِيَّةٍ عِنْدَهُ ِلأَنَّ نِيَّةَ الْوُضُوءِ تَشْمَلُهُ فَيَكُونُ مِنْ سُنَنِهِ الدَّاخِلَةِ اهـ

7. BAU MULUT HABIS BANGUN TIDUR DIHILANGKAN PAKAI SIWAK

Apakah menggosok gigi setelah tergelincirnya matahari untuk menghilangkan bau mulut yang disebabkan tidur dihukumi makruh bagi orang yang berpuasa?

Jawab: Tidak dimakruhkan.

Referensi:

& أسنى المطالب الجزء 1 صحـ : 36 مكتبة دار الكتاب الإسلامي

التَّقْيِيدُ بِمَا بَعْدَ الزَّوَالِ لِِلاِحْتِرَازِ عَمَّا قَبْلَهُ فَإِنَّهُ لاَ يُكْرَهُ لِحَدِيثِ السَّمْعَانِيِّ وَِلأَنَّ التَّغَيُّرَ إذْ ذَاكَ يَكُونُ مِنْ أَثَرِ الطَّعَامِ وَبَعْدَ الزَّوَالِ يَكُونُ بِسَبَبِ الصِّيَامِ فَهُوَ الْمَشْهُودُ لَهُ بِالطِّيْبِ هَكَذَا ذَكَرَهُ الرَّافِعِيُّ وَغَيْرُهُ وَيَلْزَمُ مِنْهُ أَنْ يُفَرِّقُوا بَيْنَ مَنْ يَتَسَحَّرُ وَبَيْنَ مَنْ لَمْ يَتَسَحَّرْ وَبَيْنَ مَنْ يَتَنَاوَلُ بِاللَّيْلِ شَيْئًا وَبَيْنَ غَيْرِهِ وَلِهَذَا قَالَ الطَّبَرِيُّ فِي شَرْحِ التَّنْبِيهِ لَوْ تَغَيَّرَ فَمُهُ بَعْدَ الزَّوَالِ بِسَبَبٍ آخَرَ كَنَوْمٍ أَوْ وُصُولِ شَيْءٍ كَرِيهِ الرِّيحِ إلَى فَمِهِ فَاسْتَاكَ لِذَلِكَ لَمْ يُكْرَهْ ج اهـ

8. MAKRUH PUASA SUNAH MENGGUNAKAN SIWAK

Dalam literatur klasik diterangkan, bahwa orang yang berpuasa ketika telah masuk waktu Zhuhur, makruh bersiwakan. Apakah hukum makruh bersiwak juga berlaku bagi orang yang berpuasa sunah?

Jawab: Ya, tetap dimakruhkan.

Referensi:

& المجموع الجزء 1 صحـ : 331 مكتبة مطبعة المنيرية

وَالْمَشْهُورُ الْكَرَاهَةُ وَسَوَاءٌ فِيْهِ صَوْمُ الْفَرْضِ وَالنَّفَلِ وَتَبْقَى الْكَرَاهَةُ حَتَّى تَغْرُبَ الشَّمْسُ وَقَالَ الشَّيْخُ أَبُو حَامِدٍ حَتَّى يُفْطِرَ قَالَ أَصْحَابُنَا وَإِنَّمَا فَرَّقْنَا بَيْنَ مَا قَبْلَ الزَّوَالِ وَبَعْدَهُ ِلأَنَّ بَعْدَ الزَّوَالِ يَظْهَرُ كَوْنُ الْخُلُوفِ مِنْ خُلُوِّ الْمَعِدَّةِ بِسَبَبِ الصَّوْمِ لاَ مِنْ الطَّعَامِ الشَّاغِلِ لِلْمَعِدَّةِ بِخِلاَفِ مَا قَبْلَ الزَّوَالِ وَاَللَّهُ أَعْلَمُ .اهـ

9. MENGHILANGKAN BAU MULUT DENGAN JARI TANGAN

Bersiwâk bagi orang yang puasa adalah makruh, sebab akan menghilangkan bau mulutnya. Apakah menghilangkan bau mulut dengan jari dimakruhkan bagi yang berpuasa?

Jawab: Ya, hukumnya makruh.

Referensi:

& تحفة المحتاج في شرح المنهاج الجزء 1 صحـ : 224 مكتبة دار إحياء التراث العربي

( تَنْبِيهٌ ) هَلْ تُكْرَهُ إزَالَةُ الْخُلُوفِ بَعْدَ الزَّوَالِ بِغَيْرِ السِّوَاكِ كَأُصْبُعِهِ الْخَشِنَةِ الْمُتَّصِلَةِ ِلأَنَّ السِّوَاكَ لَمْ يُكْرَهْ لِعَيْنِهِ بَلْ ِلإِزَالَتِهِ لَهُ كَمَا تَقَرَّرَ فَكَانَ مَلْحَظُ الْكَرَاهَةِ زَوَالَهُ وَهُوَ أَعَمُّ مِنْ أَنْ يَكُونَ بِسِوَاكٍ أَوْ بِغَيْرِهِ أَوَّلاً كَمَا دَلَّ عَلَيْهِ ظَاهِرُ تَقْيِيدِهِمْ إزَالَتَهُ بِالسِّوَاكِ وَإِلاَّ لَقَالُوْا هُنَا أَوْ فِي الصَّوْمِ يُكْرَهُ لِلصَّائِمِ إزَالَةُ الْخُلُوفِ بِسِوَاكٍ أَوْ غَيْرِهِ كُلٌّ مُحْتَمَلٌ وَاْلأَقْرَبُ لِلْمُدْرَكِ اْلأَوَّلُ وَلِكَلاَمِهِمْ الثَّانِيْ فَتَأَمَّلْهُ اهـ

10. ORANG MENINGAL DUNIA KETIKA BERPUASA BOLEH DISIWAKI

Jika seseorang meninggal dalam keadaan berpuasa. Apakah makruh kalau di-siwâk-i?

Jawab: Tidak makruh, karena hukum makruh berlaku disaat masih hidup. Menurut Imâm ar-Romli hukumnya haram. Sebab bau mulut orang yang meninggal disaat berpuasa disamakan dengan darahnya orang yang mati syahid (tidak boleh dihilangkan).

Referensi:

& تحفة المحتاج الجزء 1 صحـ : 223 مكتبة دار إحياء التراث العربي

( بَعْدَ الزَّوَالِ ) خَرَجَ بِهِ مَا لَوْ مَاتَ فَلاَ يُكْرَهُ ِلأَنَّ الصَّوْمَ انْقَطَعَ بِالْمَوْتِ وَنُقِلَ عَنْ فَتَاوَى الشَّارِحِ م ر مَا يُوَافِقُهُ ع ش عَلَى م ر وَفِي حَاشِيَتِهِ هُنَا أَيْ عَلَى الْمَنْهَجِ مَا نَصُّهُ فَرْعٌ مَاتَ الصَّائِمُ بَعْدَ الزَّوَالِ هَلْ يَحْرُمُ عَلَى الْغَاسِلِ إزَالَةُ خُلُوفِهِ بِسِوَاكٍ وَقِيَاسُ دَمِ الشَّهِيدِ الْحُرْمَةُ وَقَالَ بِهِ الرَّمْلِيُّ اهـ بُجَيْرِمِيٌّ وَيَأْتِيْ عَنْ شَيْخِنَا مِثْلُهُ اهـ

& بغية المسترشدين للسيد باعلوي الحضرمي الجزء الأول صحـ : 31 مكتبة دار الفكر

وَلََوْ مَاتَ الصَّائِمُ بَعْدَ الزَّوَالِ حَرُمَ إِزَالَةُ خُلُوْفِهِ بِالسِّوَاكِ قِيَاسًا عَلَى دَمِّ الشَّهِيْدِ قَالَهُ م ر اهـ بج

11. DO’A BERSIWAK

“Berjuang sekuat tenaga, tetapi jangan lupa, perjuangan harus disertai dengan do’a”, itulah syair legendaris Roma Irama. Makanya, dalam segala aktifitas jangan sampai lupa dengan yang namanya do’a, tak terkecuali siwak. Adakah doa-doa tertentu sebelum bersiwak?

Jawab: Ada, do’anya sebagaimana dibawah ini:

"اللَّهُمَّ بَيِّضْ بِهِ أَسْنَانِيْ وَشُدَّ بِهِ لِثَاتِيْ وَثَبِّتْ بِهِ لَهَاتِيْ وَبَارِكْ لِي فِيْهِ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِينَ"

Referensi:

& حاشية البجيرمي على الخطيب الجزء 1 صحـ : 123 مكتبة دار الفكر

وَيَسْتَحِبُّ بَعْضُهُمْ أَنْ يَقُولَ فِيْ أَوَّلِهِ اللَّهُمَّ بَيِّضْ بِهِ أَسْنَانِيْ وَشُدَّ بِهِ لِثَاتِيْ وَثَبِّتْ بِهِ لَهَاتِي وَبَارِكْ لِي فِيْهِ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِينَ قَالَ النَّوَوِيُّ وَهَذَا لاَ بَأْسَ بِهِ اهـ

12. BERSIWAK DENGAN LENGAN BAJU

Kebiasaan seseorang ketika akan melaksanakan shâlat, ia bersiwâkan terlebih dahulu. Akan tapi jika lupa tidak membawa alat siwâk, maka yang menjadi sasaran adalah lengan bajunya untuk dibuat siwak. Apakah bersiwak dengan menggunakan lengan baju mendapat kesunahan?

Jawab: Ya, asalkan lengan baju tersebut kasar serta dapat membersihkan gigi.

Referensi:

& الحاوى الكبير الماوردى الجزء 1 صحـ : 130 مكتبة دار الفكر

فَلَوْ لَفَّ عَلَى أُصْبُعِهِ خِرْقَةً خَشِنَةً وَأَمَرَّهَا عَلَى أَسْنَانِهِ حَتَّى زَالَ الصُّفْرَةُ وَالْخُلُوفُ فَقَدْ أَتَى بِسُنَّةِ السِّوَاكِ نَصَّ عَلَيْهِ الشَّافِعِيُّ ِلأَنَّهُ يَقُومُ مَقَامَ الْعُوْدِ فِي اْلإِنْقَاءِ اهـ

b

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kami tunggu kritik dan saran yang membangun dari anda !!!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
~@~Sahabat yang sejati adalah orang yang dapat berkata benar kepada anda, bukan orang yang hanya membenarkan kata-kata anda~@~Naluri berbicara kita akan mencintai yang memuja kita, tetapi tidak selalu mencintai yang kita puja~@~Seseorang yang oprimis akan melihat adanya kesempatan dalam setiap malapetaka, sedangkan orang pesimis melihat malapetaka dalam setiap kesempatan~@~Orang besar bukan orang yang otaknya sempurna tetapi orang yang mengambil sebaik-baiknya dari otak yang tidak sempurna~@~Memperbaiki diri adalah alat yang ampuh untuk memperbaiki orang lain~@~Cinta akan menggilas setiap orang yang mengikuti geraknya, tetapi tanpa gilasan cinta, hidup tiada terasa indah~@~Dalam perkataan, tidak mengapa anda merendahkan diri, tetapi dalam aktivitas tunjukkan kemampuan Anda~@~Tegas berbeda jauh dengan kejam. Tegas itu mantap dalam kebijaksana sedangkan kejam itu keras dalam kesewenang-wenangan~@~Watak keras belum tentu bisa tegas, tetapi lemah lembut tak jarang bisa tegas~@~Apabila di dalam diri seseorang masih ada rasa malu dan takut untuk berbuat suatu kebaikan, maka jaminan bagi orang tersebut adalah tidak akan bertemunya ia dengan kemajuan selangkah pun~@~Kita semua hidup dalam ketegangan, dari waktu ke waktu, serta dari hari ke hari; dengan kata lain, kita adalah pahlawan dari cerita kita sendiri~@~Istilah tidak ada waktu, jarang sekali merupakan alasan yang jujur, karena pada dasarnya kita semuanya memiliki waktu 24 jam yang sama setiap harinya. Yang perlu ditingkatkan ialah membagi waktu dengan lebih cermat~@~